AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Karakteristik Perkembangan Psikomotorik pada Anak

Karakteristik Perkembangan Psikomotorik : Loree (1970 : 75) menyatakan bahwa ada dua macam perilaku psikomotorik utama yang bersifat universal harus di kuasai oleh setiap individu pada masa bayi atau awal masa kanak-kanaknya ialah berjalan (walking) dan memegang benda (prehension). Kedua jenis keterampilan psikomotorik ini merupakan basis bagi perkembangan keterampilan yang lebih kompleks seperti yang kita kenal dengan sebutan bermain (playing) dan bekerja (working).


karakteristik perkembangan psikomotorik pada anak

Dua prinsip perkembangan utama yang tampak dalam semua bentuk perilaku psikomotorik ialah (1) bahwa perkembangan itu berlangsung dan yang sederhana kepada yang kompleks, dan (2) dan yang kasar dan global (gross bodily movements) kepada yang halus dan spesifik tetapi terkoordinasikan
(finely coordinated movements).
a. Berikut karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa kanak-kanak :
Usia 3 tahun: Tidak dapat berhenti dan berputar secara tiba-tiba atau secara cepat, Dapat melompat 15-24 inchi, Dapat menaiki tangga tanpa bantuan, dengan berganti kaki, Dapat berjingkat.
Usia 4 tahun: Lebih efektif mengontrol gerakan berhenti, memulai, dan berputar, Dapat melompat 24- 33 inchi, Dapat menuruni tangga, dengan berganti kaki, dengan bantuan, Dapat melakukan jingkat 4 sampai 6 langkah dengan satu kaki.
Usia 5 tahun: Dapat melakukan gerakan start, berputar, atau berhenti secara efektif,Dapat melompat 28-36 inchi, Dapat menuruni tangga tanpa bantuan, berganti kaki, Dapat melakukan jingkat dengan sangat mudah.

b. Karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa anak besar.
Pada anak besar perkembangan keterampilan dapat diklasifikasikan menjadi empat kategori :
Keterampilan menolong diri sendiri; anak dapat makan, mandi, berpakain sendiri dan lebih lebih mandiri. Keterampilan menolong orang lain; keterampilan berkaitan dengan orang lain, seperti membersihkan tempat tidur, membersihkan debu dan menyapu.Keterampilan sekolah; mengembangkan berbagai keterampilan yang diperlukan untuk menulis, menggambar, melukis, menari, bernyayi, dll. Keterampilan bermain; anak belajar keterampilan seperti melemper dan menangkap bola, naik sepeda, dan berenang.

c. Karakteristik Perkembangan Psikomotorik Pada Remaja.
Keterampilan psikomotorik berkembang sejalan dengan pertumbuhan ukuran tubuh, kemampuan fisik, dan perubahan fisiologi. Pada masa ini, laki-laki mengalami perkembangan psikomotorik yang lebih pesat dibanding perempuan. Kemampuan psikomotorik laki-laki cenderung terus meningkat dalm hal kekuatan, kelincahan, dan daya tahan. Secara umum, perkembangan psikomotorik pada perempuan terhenti setelah mengalami menstruasi. Oleh karena itu, kemampuan psikomotorik laki-laki lebih tinggi daripada perempuan.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment