AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

8 Cara Melakukan Jump Ball Dalam Permainan Bola Basket

Cara Melakukan Jump Ball : Jump Ball merupakan salah satu istilah dalam permainan bola basket yang populer. Secara sederhana, definisi atau pengertiannya, Jump Ball adalah lemparan awal permainan bola basket yang di lempar oleh wasit dengan suatu keadaan pada kedua kapten tim permainan bola basket saling berhadapan. Dan apabila wasit mulai melempar bola basket keatas, maka kedua kapten dari masing-masing pemain lawan harus loncat, namun tidak boleh menangkap bola, melainkan harus dipukul kearah teman pemain satu tim tersebut. Dan wasit harus melempar bola di lingkaran tengah lapangan bola basket dengan diantara kedua kapten tim atau pemain yang saling berhadapan pada permulaan kuarter pertama sebagai dimulainya pertandingan permainan bola basket.

Cara melakukan jump ball.

Cara melakukan Jump Ball.

Jika pada pembahasan terdahulu kita sudah belajar tentang Cara melakukan Lay Up Shoot dalam permainan bola basket, makan untuk kali ini kita akan membahas tentang bagaimana permainan basket itu diawali untuk mengawali permainan bola basket, dan berikut ini adalah tata cara melakukan jump ball:

1. Masing-masing jumper (pemain yang akan melakukan jump ball) berdiri dengan kedua kaki berada di dalam lingkaran tengah yang terdekat dengan ring basketnya sendiri dengan salah satu kaki dekat dengan garis tengah.

2. Pemain lain tidak boleh menempati posisi yang berdekatan di sekitar lingkaran, jika pemain lawan ingin menempati posisi tersebut.

3. Wasit pertandingan bola basket kemudian melempar bola basket ke atas (secara vertikal) di antara dua jumper yang saling berhadapan, dan harus lebih tinggi dari jangkauan lompatan kedua jumper tersebut.

4. Bola harus di-tap (tepis) dengan tangan pemain, oleh setidak-tidaknya salah satu atau kedua jumper setelah bola mencapai titik tertinggi.

5. Kedua jumper tidak boleh meninggalkan posisinya hingga bola di-tap secara legal.

6. Kedua jumper tidak boleh menangkap bola atau melakukan tap lebih dari dua kali hingga bola menyentuh salah satu pemain non-jumper atau lantai.

7. Jika bola tidak di-tap setidaknya oleh salah satu jumper, maka jump ball harus di ulang.

8. Tidak boleh ada bagian tubuh jumper yang melewati garis tengah lingkaran sebelum bola di-tap.

Baca Juga:
Demikianlah materi pembahasan kali ini tentang cara melakukan jump ball dalam permainan bola basket. Semoga artikel pembahasan tentang cara melakukan jump ball dalam permainan bola basket ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar cara melakukan jump ball dalam permainan bola basket.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment