AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

7 Pengertian Peraturan Jump Ball Dalam Bola Basket

Peraturan Jump Ball : Peraturan yang mengharuskan Jump Ball dalam permainan bola basket ini ada dalam peraturan basket yang diatur oleh FIBA. Jump Ball merupakan salah satu istilah dalam permainan bola basket yang sangat populer. Secara sederhana, definisi atau pengertiannya, Jump Ball adalah lemparan awal permainan bola basket yang di lempar oleh wasit dengan suatu keadaan pada kedua kapten tim permainan bola basket saling berhadapan. Dan apabila wasit mulai melempar bola basket keatas, maka kedua kapten dari masing-masing pemain lawan harus loncat, namun tidak boleh menangkap bola, melainkan harus dipukul kearah teman pemain satu tim tersebut. Dan wasit harus melempar bola di lingkaran tengah lapangan bola basket dengan diantara kedua kapten tim atau pemain yang saling berhadapan pada permulaan kuarter pertama sebagai dimulainya pertandingan permainan bola basket.

Untuk mengawali dimulainya pertandingan permainan bola basket memang diawali dengan jump ball, namun jump ball yang dilakukan wasit tidak hanya untuk mengawali permainan bola basket saja. Karena ada beberapa peraturan pada kondisi tertentu dalam permainan bola basket yang mengharuskan wasit untuk melakukan jump ball.

Baca:
Peraturan jump ball, Pengertian peraturan jump ball.

Berikut ini adalah beberapa kondisi, dimana seorang wasit dalam permainan bola basket harus melakukan jump ball:

Peraturan Jump Ball Dalam Bola Basket.

1. Permulaan semua kuarter selain kuarter pertama.

2. Terjadi held ball.

3. Bola keluar lapangan dan wasit mengalami keraguan atau ketidaksetujuan tentang siapa yang terakhir kali menyentuh bola.

4. Terjadi double free-throw violation saat free-throw terakhir atau satu kali free-throw yang gagal dilakukan.

5. Bola hidup yang menyangkut pada penyokong ring basket (kecuali di antara free-throw).

6. Bola menjadi mati ketika tidak ada tim yang mendapatkan penguasaan atau hak terhadap bola.

7. Setelah pembatalan hukuman yang setara terhadap masing-masing tim, dan tidak ada hukuman foul (kesalahan dalam permainan bola basket) lainnya yang terjadi dan tidak ada tim yang mendapatkan penguasaan atau hak terhadap bola sebelum foul atau violation pertama terjadi.

Artikel Terkait:
Demikianlah pembahasan tentang pengertian peraturan jump ball dalam permainan bola basket. Semoga artikel pembahasan tentang pengertian peraturan jump ball ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar tentang materi permainan bola basket.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment